Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)

PW, SURYO LAKSONO (2018) Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (838Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas dan leverage perusahaan terhadap kebijakan dividen. Variabel independen yang digunakan adalah profitabilitas dan leverage perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2015. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 47 perusahaan ditentukan sebagai sampel. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen. Sementara itu, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 23,5%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sementara 76,5% dijelaskan oleh variabel lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Mar 2018 10:53
    Last Modified: 14 Mar 2018 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39878

    Actions (login required)

    View Item