KOMUNIKASI CORPORATE IDENTITY HOTEL SYARIAH

HARTINI, SRI (2018) KOMUNIKASI CORPORATE IDENTITY HOTEL SYARIAH. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (65Kb)

    Abstract

    Sri Hartini, S231308025, 2013, KOMUNIKASI CORPORATE IDENTITY HOTEL SYARIAH, (Studi Kasus Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam mengomunikasikan Corporate Identity Hotel Syariah di Solo). ABSTRAK Munculnya hotel syariah seolah menjawab stigma masyarakat yang telah berkembang selama ini bahwa bisnis perhotelan sangat akrab dengan hal-hal yang berbau maksiat seperti perzinahan, perselingkuhan, narkoba, dan tindakan asusila yang lain. Hotel syariah menjadi fenomena baru yang menarik sejumlah kalangan pebisnis untuk menawarkan konsep yang berbeda yaitu konsep hotel yang aman, nyaman dan jauh dari hal-hal yang negatif. Dengan konsep yang berbeda, maka dalam kemunculannya, hotel syariah membawa diferensianya sendiri sebagai hotel syariah yang diaplikasikan dalam identitas korporatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa sejauh mana sebenarnya corporate identity dijalankan oleh Hotel-hotel Syariah di Solo dalam membangun identitas syariah, serta mendeskripsikan sejauh mana hotel-hotel syariah di Solo ini mengomunikasikan pesan- pesan corporate identity melalui komunikasi pemasaran terpadu yang dijalankan. Peneliti mengacu pada pemikiran yang dikemukakan oleh Van Riel & Frombun dimana corporate identity merupakan kombinasi dari simbol, behavior dan komunikasi yang digunakan untuk mengkristalkan identitas sebuah perusahaan. Corporate identity hotel syariah ini selanjutnya akan dikomunikasikan melalui berbagai saluran komunikasi pemasaran. Dalam hal ini, peneliti mengacu pada pemikiran Kotler dimana iklan, promosi, penjualan pribadi, public relations dan pemasaran langsung akan bekerja sama dalam mengomunikasikan simbol-simbol identitas korporat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana penelitian ini dilakukan pada tiga lokasi hotel syariah di Solo. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan 8 orang dengan teknik purposive sampling. Observasi dilakukan untuk membantu peneliti mengungkapkan kenyataan-kenyataan tentang hotel syariah. Sehingga pada akhirnya dari tiga lokasi yang dipilih, peneliti dapat memperoleh data yang lebih rinci dan detail untuk mendeskripsikan hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membangun identitas hotel syariah, hotel-hotel syariah di Solo menentukan nama hotel dengan nama islami atau menambahkan label syariah dalam nama hotelnya, membentuk logo dengan simbol islami, menciptakan seragam karyawan muslim dan muslimah, mendesain warna dan bangunan dengan gaya Timur Tengah, menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh umat muslim. Hotel syariah melakukan filter tamu pada saat chek in, dan selalu mengucapkan salam kepada tamu dalam bahasa Arab. Kemudian segala simbol, perilaku dan komunikasi perusahaan tersebut dikomunikasikan melalui berbagai bentuk saluran komunikasi dimana dalam penelitian ini pesan identitas koroporat dikomunikasikan melalui iklan, promosi, public relations, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung yang bekerja secara terintegrasi dan memainkan perannya masing- masing. Kata Kunci : Identitas Korporat, Hotel Syariah, Komunikasi Pemasaran Terpadu

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Mar 2018 10:33
    Last Modified: 14 Mar 2018 10:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39868

    Actions (login required)

    View Item