Hubungan Media Multitasking dan Stres dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret

RIVAI, AMALIA ZAHRA (2018) Hubungan Media Multitasking dan Stres dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    Konsentrasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam proses belajar. Konsentrasi mempunyai peran yang krusial dalam aktivitas belajar, seperti memahami, mengingat, dan berpikir. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi, termasuk stres dan media multitasking. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang faktor stres dan media multitasking terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 118 orang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin yang dipilih menggunakan metode proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis skala, yaitu skala stres dengan reliabilitas 0,906 , skala konsentrasi belajar dengan reliabilitas 0,917, dan Media Multitasking Index (MMI) dengan reliabilitas 0,978 Analisis dengan metode statistik regresi berganda menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel, (107.301 > 3.08), p= 0,000 (<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa stres dan media multitasking secara bersama-sama berkorelasi dengan konsentrasi belajar mahasiswa (R=0,807). Berdasarkan hasil analisis, stres dan media multitasking memberikan sumbangan efektif senilai 65%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara stres dengan konsentrasi belajar (p < 0,05 ; r = -0,483) dan terdapat hubungan negatif signifikan pula antara media multitasking dengan konsentrasi belajar (p < 0,05; r = -0,633). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara media multitasking dan stres dengan konsentrasi belajar mahasiswa. Semakin tinggi tingkat stres dan media multitasking, maka semakin rendah konsentrasi belajar mahasiswa. Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Media Multitasking, Stres

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Mar 2018 12:16
    Last Modified: 13 Mar 2018 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39842

    Actions (login required)

    View Item