PERBANDINGAN KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENANGANI GEMPA DAN TSUNAMI DI PREFEKTUR MIYAGI (JEPANG) PADA TAHUN 2011 DAN PROVINSI ACEH (INDONESIA) PADA TAHUN 2004

PRIMA, RIO KURNIAWAN (2018) PERBANDINGAN KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENANGANI GEMPA DAN TSUNAMI DI PREFEKTUR MIYAGI (JEPANG) PADA TAHUN 2011 DAN PROVINSI ACEH (INDONESIA) PADA TAHUN 2004. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (728Kb)

    Abstract

    ABSTRAK RIO KURNIAWAN PRIMA, NIM D0413044, judul skripsi PERBANDINGAN KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENANGANI GEMPA DAN TSUNAMI DI PREFEKTUR MIYAGI (JEPANG) PADA TAHUN 2011 DAN PROVINSI ACEH (INDONESIA) PADA TAHUN 2004. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Bencana merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan bermasyarakat disuatu negara. Akan tetapi masih sedikit negara-negara didunia yang menganggap bencana sebagai ancaman bagi negaranya. Jepang dan Indonesia merupakan negara dengan kondisi geografis yang hampir serupa yaitu rawan akan bencana terutama gempa dan tsunami yang tiap waktu dapat mengancam keselamatan warganya. Untuk itu kedua negara ini memerlukan kebijakan mitigasi bencana yang baik dan sesuai. Dengan karakteristik dan sumber daya yang dimiliki Jepang dan Indonesia, tentunya kebijakan-kebijakan yang dihasilkan akan berbeda pula dari kedua negara tersebut. Kebijakan-kebijakan yang diambil biasanya berdasarkan pada konsep disaster management. Penggunaan konsep tersebut bertujuan agar sustainable development yang menjadi tujuan masing-masing negara, dapat tercapai. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis perbandingan kebijakan mitigasi bencana yang dilakukan Pemerintah Jepang dan Indonesia dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami Sendai pada 2011 dan Aceh pada 2004. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara secara langsung dan studi pustaka. Analisis data pada penelitian ini antara lain reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan-kebijakan pada persiapan menghadapi bencana, respon pada saat bencana, dan pembangunan kembali wilayah yang terkena dampak bencana yang dilakukan Pemerintah Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan. Dari segi kebijakan, persiapan, respon, dan pembangunan kembali, Jepang lebih baik ketimbang Indonesia dalam hal menangani gempa dan tsunami. Meskipun keduanya terbilang baik, tetapi masih terdapat sisi-sisi yang harus diperbaiki dan dikembangkan kembali. Tidak hanya kebijakan saja yang diperkuat, sumber daya manusia, teknologi, dan kelembagaan dari pemerintah harus terus dibenahi. Kata kunci: Kebijakan Mitigasi Bencana, Sustainable Development, Disaster Management.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Mar 2018 12:00
    Last Modified: 13 Mar 2018 12:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39840

    Actions (login required)

    View Item