PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Materi Pokok Perairan Darat dan Potensinya)

ISTIQOMAH, SHARA NUR (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Materi Pokok Perairan Darat dan Potensinya). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1076Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Shara Nur Istiqomah (K5413063). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Materi Pokok Perairan Darat dan Potensinya). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2017. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan strategi talking stick, tipe TPS menggunakan strategi talking stick dan diskusi kelompok. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan strategi talking stick dengan tipe TPS menggunkan strategi talking stick 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan strategi talking stick dengan diskusi kelompok 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan strategi talking stick dengan diskusi kelompok pada materi pokok perairan darat dan potensinya peserta didik kelas X IPS SMA N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen) dengan rancangan Posstest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS SMA N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dengan tiga kali pengambilan dari populasi dan didapatkan kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen 1 (ditetapkan Metode Pembelajaran TTW dengan strategi TS), kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 (ditetapkan Metode Pembelajaran TPS dengan strategi TS), dan kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol (ditetapkan Metode Diskusi Kelompok). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data adalah statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan (one way anava) dan dilanjutkan dengan uji pasca anava (Uji Scheffe’) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan strategi TS, tipe TPS dengan strategi TS dan diskusi kelompok dengan perbandingan skor rerata sebesar 20,69; 19,39; 18,12 dan terbukti dengan uji anava satu jalan dengan taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung >Ftabel (6,22706>3,08). 2) Model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan strategi TS (20,69) lebih baik daripada tipe TPS dengan strategi Talking Stick (19,39). 3) Model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan strategi TS (20,69) lebih baik daripada diskusi kelompok (18,12). 4) Model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan strategi TS (19,39) lebih baik daripada diskusi kelompok (18,12). Ketiga model pembelajaran memiliki kualitas yang berbeda, model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling besar adalah model TTW dengan strategi TS, disusul model TPS dengan strategi TS dan Diskusi Kelompok Kata Kunci : TTW,TPS,Talking Stick, Hasil Belajar Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Mar 2018 12:42
    Last Modified: 09 Mar 2018 12:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39830

    Actions (login required)

    View Item