Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Blended Learning Berbantuan iSpring Suite 8

TANI, SEKAR (2018) Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Blended Learning Berbantuan iSpring Suite 8. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (734Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sekar Tani. K2313065. PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI KARANGPANDAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MELALUI BLENDED LEARNING BERBANTUAN ISPRING SUITE 8. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2016/2017 pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian ini terdiri dari 27 orang peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes tertulis. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Analisis data dan pembahasan pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) penerapan blended learning tipe station rotation berbantuan iSpring Suite 8 untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada materi Teori Kinetik Gas dapat dilakukan dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi: (a) pemberian motivasi terkait materi ajar, (b) perumusan masalah dan tujuan pembelajaran oleh guru dan peserta didik, (c) kegiatan belajar mandiri peserta didik dalam kelompok, (d) rotasi peserta didik dalam beberapa stasiun (daring dan luring), (e) presentasi kelompok peserta didik, (f) konfirmasi konsep dari guru, (g) pemberian contoh penyelesaian masalah sesuai dengan konsep materi pembelajaran, dan (h) posttest; (2) peningkatan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada materi Teori Kinetik Gas melalui penerapan blended learning berbantuan iSpring Suite 8 mencapai target keberhasilan melalui dua siklus penelitian. Keberhasilan tersebut yaitu sebagian besar peserta didik memiliki kemandirian belajar pada kategori Baik dan Sangat Baik; (3) peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada materi Teori Kinetik Gas melalui penerapan blended learning berbantuan iSpring Suite 8 mencapai target keberhasilan melalui dua siklus penelitian. Keberhasilan tersebut yaitu sebagian besar peserta didik mencapai ketuntasan posttest. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kemampuan Kognitif, Blended Learning Tipe Station Rotation, iSpring Suite 8

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Mar 2018 12:26
    Last Modified: 09 Mar 2018 12:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39823

    Actions (login required)

    View Item