ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI

YULIYANTI, RENNY (2018) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (321Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Renny Yuliyanti. K6413059. ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pelaksanaan kompetensi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik di SMK Negeri 1 Boyolali, (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan upaya mengatasi kendala tersebut dalam pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik, (3) mengetahui keterkaitan antara pengembangan kurikulum dengan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru PPKn pada pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji validitas data yang digunakan dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut ini: (1) Pelaksanaan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih belum baik apabila dilihat dari pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. (2) Kendala dalam pengembangan kurikulum yaitu perumusan instrumen dan indikator penilaian pembelajaran serta pada penentuan model dan metode pembelajaran sedangkan kendala penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik yakni pelaksanaan pembelajaran di kelas.(3) Pengembangan kurikulum berkaitan erat dengan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menjadi pedoman dalam melaksanakan pembelajaran belum direncanakan dengan baik sehingga berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang belum baik. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kendala guru, upaya guru, pengembangan kurikulum, pembelajaran PPKn.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JC Political theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Mar 2018 00:33
    Last Modified: 09 Mar 2018 00:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39810

    Actions (login required)

    View Item