“PERANNAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN PT. TELKOM KANDATEL YOGYAKARTA"

RATRI, PUPUT DESIANA (2009) “PERANNAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN PT. TELKOM KANDATEL YOGYAKARTA". Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (448Kb)

    Abstract

    Public Relations, yang biasa disingkat dengan PR atau Purel, yang lazim disebut dengan Hubungan Masyarakat adalah salah satu komponen perusahaan yang tidak bisa diabaikan keberadaannya. Aktifitas Purel di sebuah perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk proses berjalannya suatu perusahaan. Pada umumnya tugas Public Relations adalah mengubah image dan citra di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan baru yang dilakukan perusahaan baik di dalam maupun di luar perusahaan serta meningkatkan bobot kualitas para karyawan. Tetapi disisi lain kegiatan Public Relations bukan saja menjaga nama baik perusahaan melainkan juga harus dapat berkomunikasi dengan masyarakat, karena suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik apabila ada kerjasama dengan masyarakat. Kerjasama tersebut tidak luput dari peran Public Relations dalam membina hubungan baik dengan publik internal maupun dengan publik eksternal. Dewasa ini banyak organisasi dan perusahaan yang berlomba menciptakan image atau citra perusahaan baik yang bertujuan untuk mengambil simpatik publik. Banyak juga organisasi yang sibuk menjalin kerjasama dengan pihak luar perusahaan, baik itu pemerintah, lembaga pendidikan ataupun klien sehingga terkadang lupa untuk membenahi hubungan di dalam organisasi itu sendiri. Hubungan internal yang xii di dalamnya meliputi hubungan antar karyawan, atasan dan bawahan juga tidak kalah penting untuk dipelihara keharmonisannya, lewat komunikasi dan lancarnya informasi. Ini juga adalah tanggung jawab seorang PRO (Public Relations Officer) yang berkaitan dengan tugasnya dalam menciptakan internal relations yang baik dan harmonis. Setiap lapisan karyawan berhak dan wajib untuk mengetahui segala informasi berkaitan dengan kelangsungan mereka di perusahaan yang menaungi mereka. Baik itu berupa informasi-informasi umum, maupun informasi kebijakan-kebijakan dari manajemen untuk menambah motivasi, tantangan dan rasa memiliki yang kuat terhadap perusahaan. Progam komunikasi karyawan dapat dilakukan lewat dua cara, yaitu komunikasi secara tidak langsung yaitu komunikasi melalui media dan komunikasi secara langsung (lisan) yaitu komunikasi tatap muka (face to face communication). PT Telkom merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Perusahaan ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai perusahaan besar, PT Telkom menyadari arti penting karyawan sebagai aset penting perusahaan. Akan tetapi pada PT. Telkom Kandatel Yogyakarta karyawannyapun tidak dimaksimalkan, dalam artian setiap divisi seharusnya memiliki staf masingmasing tidak dijadikan satu menjadi satu divisi, karena setiap divisi memiliki fungsi masing-masing. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis memilih PT Telkom sebagai tempat Kuliah Kerja Media (KKM). Penulis menilai PT Telkom adalah suatu xiii perusahaan yang mempunyai kreadibilitas tinggi di bidang jasa telekomunikasi. PT Telkom Kandatel Yogyakarta telah memiliki divisi Humas yang menjadi satu dengan divisi kesekretariatan sebagai salah satu pilar perusahaan. Oleh karena itu penulis mengambil tempat pelaksanaan KKM pada divisi humas yang sekaligus devisi kesekretariatan dan penulispun mengambil judul “Peranan Public Relations Dalam Pengelolaan Kesekretariatan”. Semua ini sangat sesuai dengan keinginan penulis untuk mengasah ketrampilan dan menambah wawasan dalam bidang Public Relations.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 14 Jul 2013 21:03
    Last Modified: 14 Jul 2013 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3981

    Actions (login required)

    View Item