Pengembangan Kemampuan Menentukan Tujuan Belajar Menggunakan Teknik Goal Setting pada Peserta Didik SMP

Adri, Talitha Rahma (2018) Pengembangan Kemampuan Menentukan Tujuan Belajar Menggunakan Teknik Goal Setting pada Peserta Didik SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (285Kb)

    Abstract

    Talitha Rahma Adri. K3113068. PENGEMBANGAN PANDUAN KEMAMPUAN MENENTUKAN TUJUAN BELAJAR MENGGUNAKAN TEKNIK GOAL SETTING PADA PESERTA DIDIK SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2018. Tujuan Penelitian ini adalah mendiskripsikan kebutuhan dan kepentingan menentukan tujuan belajar menggunakan teknik goal setting, mendiskripsikan kajian teori tentang kemampuan mnentukan tujuan belajar menggunakan teknik goal setting, dan menghasilkan pengembangan desain produk yaitu panduan kemampuan menentukan tujuan belajar menggunakan teknik goal setting. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Develpoment). Hasil yang dicapai sampai pada tahap ketiga yaitu menghasilkan Desain pengembangan produk. Pembuatan produk berdasarkan data lapangan berupa data kebutuhan dan pentingnya mendiskripsikan tujuan belajar bagi peserta didik. Data tersebut didapatkan dari tiga golongan responden yaitu peserta didik, guru BK, dan orang tua peserta didik. Pemilihan persentase tertinggi dari hasil analisis data kebutuhan tersebut dijadikan judul penelitian ini. Berdasarkan data awal tentang kebutuhan menentukan tujuan belajar menunjukkan 55,00% dan responden yang mengakui sangat penting untuk menentukan tujuan belajar sebanyak 56,71%, maka disusunlah panduan menentukan tujuan belajar menggunakan teknik goal setting. Panduan berisikan kajian teoritik kemampuan menentukan tujuan belajar meliputi pengertian kemampuan menentukan tujuan belajar, faktor penyebab dalam menentukan tujuan belajar, manfaat dalam menentukan tujuan belajar, dan cara menentukan tujuan belajar. Kajian teoritik mengenai teknik goal setting meliputi pengertian teknik goal setting, prinsip teknik goal setting, langkah-langkah teknik goal setting, tipe-tipe penentuan tujuan (goal), serta teknik goal setting untuk meningkatkan kemampuan menentukan tujuan belajar. Panduan menentukan tujuan belajar sebagai pegangan guru untuk melatih peserta didik menentukan tujuan belajar dan lembar kerja peserta didik sebagai buku pegangan peserta didik melatih kemampuan menentukan tujuan belajar. Penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya yang berminat untuk mengembangkan panduan yang akan diujikan keefektifan dan kepraktisannya. Kata kunci: panduan kemampuan menentukan tujuan belajar, metode teknik goal setting, peserta didik SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 23:55
    Last Modified: 08 Mar 2018 23:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39801

    Actions (login required)

    View Item