PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)

DWINURYATI, YUSTINA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (287Kb)

    Abstract

    Yustina Dwinuryati.2017. Peningkatan Keterampilan menulis Teks Eksposisi melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write dan Media Audio Visual (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa tingkat tinggi dan harus diajarkan kepada siswa di Sekolah Menengah Atas. Salah satu keterampilan menulis yang harus diajarkan kepada siswa kelas X sesuai Kurikulum 2013 Revisi adalah menulis teks eksposisi. Pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi di kelas X IPS2 SMA N 1 Surakarta mengalami permasalahan baik dari sisi motivasi belajar maupun keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar menulis teks eksposisi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Surakarta dengan strategi pembelajaran think talk write dan penggunaan media audio visual dan (2) keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Surakarta dengan strategi pembelajaran think talk write dan media audio visual. Strategi penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian bersumber dari proses pembelajaran, informan, hasil tes menulis teks eksposisi, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, kajian dokumen, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran think, talk, write dan penggunaan media audio visual pada siswa kelas X IPS2 SMA N I Surakarta dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks eksposisi dari siklus 1 ke siklus 2. Hal itu dibuktikan adanya perubahan dan peningkatan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa: (1) motivasi siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 68% menjadi 82% pada siklus 2 dan (2) keterampilan menulis teks eksposisi meningkat dari siklus 1 sebesar 76% meningkat menjadi 88% pada siklus 2. Kata kunci: teks eksposisi, motivasi, strategi think talk write, audio visual

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 16:33
    Last Modified: 08 Mar 2018 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39800

    Actions (login required)

    View Item