ANALISIS STRUKTURAL GENETIK NOVEL MY IDIOT BROTHER KARYA AGNES DAVONAR SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Wisudawati, Sholikah Yuliana (2018) ANALISIS STRUKTURAL GENETIK NOVEL MY IDIOT BROTHER KARYA AGNES DAVONAR SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (231Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sholikah Yuliana Wisudawati. K1213067. ANALISIS STRUKTURAL GENETIK NOVEL MY IDIOT BROTHER KARYA AGNES DAVONAR SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Struktur novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar; (2) Pandangan dunia pengarang yang tercermin dalam novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar; (3) Kesesuaian penggunaan novel My Idiot Brother dengan materi pembelajaran di SMA. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan strukturalisme genetik dan menggunakan jenis pendekatan analisis isi. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar dan hasil wawancara dengan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Strategi pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar memiliki kelengkapan struktur intrinsik yang terdiri dari tema, alur/plot, latar/setting, penokohan, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa ; (2) Pandangan dunia pengarang pada novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar yaitu kasih sayang antar keluarga, pengorbanan kepada seseorang, dan kisah cinta remaja. Dalam novel ini pengarang menyampaikan bahwa manusia mempunyai penilaiaan dan cara pandang yang berbeda-beda terhadap suatu kehidupan; (3) Novel My Idiot Brother Karya Agnes Davonar memiliki relevansi dengan materi Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA khususnya kompetensi dasar (3.8) manafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca dan (3.9) menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata kunci: Struktur novel, strukturalisme genetik, sudut pandang pengarang, materi pembelajaran, novel My Idiot Brother.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 16:20
    Last Modified: 08 Mar 2018 16:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39793

    Actions (login required)

    View Item