IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas I di SD Al Firdaus Surakarta)

VERONIKA, PRIMA (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas I di SD Al Firdaus Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (906Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Prima Veronika. S441602008. 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas I di SD Al Firdaus Surakarta). TESIS. Pembimbing I: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd., II: Nugraheni Eko Wardani, M.Hum., Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang implementasi pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yang meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas I di SD Al Firdaus Surakarta; 2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas I di SD Al Firdaus Surakarta; 3) Penilaian pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas I di SD Al Firdaus Surakarta; 4) Kendala pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas I di SD Al Firdaus Surakarta; 5) Solusi pembelajaran Bahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas I di SD Al Firdaus Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara, dokumen/ arsip, dan hasil pengamatan. Sumber data yang digunakan adalah informan dari guru, dokumen/ arsip, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi/ pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Guru menyusun perencanaan pembelajaran berupa RPP yang sudah baik dari segi kelengkapan komponen, sistematika penyusunan dan substansi serta terdapat muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terinternalisasi dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian; 2) Guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Jawa meskipun kegiatan 5M tidak selalu tuntas dilakukan dalam satu pertemuan karena kendala alokasi waktu dan guru telah mengimplementasikan RPP ke dalam kegiatan pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi ajar; 3) Guru sudah menerapkan penilaian autentik yang dilakukan sebelum, selama dan setelah proses pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan serta penilaian berbasis nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan indikatornya masing-masing; 4) Kendala yang dihadapi adalah mengenai pedoman RPP, pembiasaan berbicara dengan Bahasa Jawa, kemampuan membaca dan menulis berbahasa Jawa, alokasi waktu, minat baca siswa, motivasi belajar siswa, pengembangan instrumen dan rubrik penilaian serta ; 5) Solusi dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan penggunaan pedoman RPP tematik, penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman, metode role playing dan problem based learning, pemilahan materi ajar, penerapan konsep pembelajaran yang menyenangkan; membangun komunikasi dengan wali murid, menyusun instrumen penilaian secara bersama-sama dengan guru lain dengan menggunakan pedoman penilaian kurikulum 2013. Kata kunci: pembelajaran, Bahasa Jawa, pendidikan karakter, kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 16:07
    Last Modified: 08 Mar 2018 16:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39787

    Actions (login required)

    View Item