Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017

Kusumasari, Novita (2018) Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (987Kb)

    Abstract

    Novita Kusumasari. K3113049. ”KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017”. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat kemandirian belajar peserta didik, (2) tingkat kecerdasan emosional peserta didik, dan (3) kontribusi kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 167 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar dan angket kecerdasan emosional. Analisis data untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan t-tes uji satu pihak dengan uji pihak kiri, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan teknik anaisis regresi dengan bantuan software pengelola data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemandirian belajar peserta didik tergolong tinggi, (2) tingkat kecerdasan emosional peserta didik tergolong tinggi, dan (3) kecerdasan emosional peserta didik berkontribusi terhadap kemandirian belajarnya sebesar 21,7%.. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional Novita Kusumasari. K3113049. ”THE CONTRIBUTION OF EMOTIONAL INTELLIGENCE TO THE LEARNING SELF-MOTIVATION ON THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 KLATEN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017”. Undergraduate Thesis. Surakarta : Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, December 2017. This research aimed to determine: (1) the level of learning self-motivation of the students, (2) the level of emotional intelligence of the students, and (3) the contribution of emotional intelligence to the learning self-motivation of class X SMA Negeri 2 Klaten. The method used in this research is descriptive quantitative with correlational approach. The sample of this study were the students of class X SMA Negeri 2 Klaten in the academic year of 2016/2017 which amounted to 167 students taken by simple random sampling technique. The instrument in collecting data were questionnaires of self-motivated learning and questionnaires of emotional intelligence. The data analysis for first and second hypothesis used one-party t test with left-side test, while the third hypothesis used regression analysis technique with the help of data managing software. The results showed that: (1) the level of learning self-motivation of students were high, (2) the level of emotional intelligence of students were high, and (3) emotional intelligence of students contribution to the learning self-motivation which was 21,7%. Keywords: learning self-motivation, emotional intelligence

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 16:01
    Last Modified: 08 Mar 2018 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39784

    Actions (login required)

    View Item