Penerapan Instruksi pada Tahap Conlcusion Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep

Widiasti, Novasari (2018) Penerapan Instruksi pada Tahap Conlcusion Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1040Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novasari Widiasti. K4313050. PENERAPAN INSTRUKSI PADA TAHAP CONCLUSION PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2017. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik dengan menerapkan instruksi pada tahap conclusion pembelajaran guided inquiry. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 40 peserta didik sekolah menengah atas. Data penelitian diperoleh melalui tes menggunakan concept map untuk mengukur kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian meliputi hasil tes berupa skor peritungan concet map berdasarkan expert concept map, hasil observasi berupa jawaban lisan, catatan dan keterlaksanaan tahapan pembelajaran dan instruksi, hasil wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasarkan skor concept map pada prasiklus mempunyai rentang 2,1%-22,2% dan rata-rata sebesar 5,1% dengan 12 peserta didik memperoleh skor diatas rata-rata. Skor concept map siklus I mempunyai rentang 5,6%-74,5% dan rata-rata sebesar 39,9% dengan 15 peserta didik diatas skor rata-rata. Skor concept map siklus II mempunyai rentang 11,6%-77,2% dan rata-rata sebesar 42,5% dengan 15 peserta didik diatas skor rata-rata, dengan demikian penerapan instruksi pada tahap conclusion di pembelajaran guided inquiry meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasarkan rata-rata skor concept map peserta didik dari prasiklus sampai dengan siklus II. Kata Kunci: instruksi, conclusion, guided inquiry, menemukan konsep, menghubungkan konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 15:59
    Last Modified: 08 Mar 2018 15:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39783

    Actions (login required)

    View Item