Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Petani Dalam Adopsi Inovasi Kalender Tanam Terpadu Di Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul

AKBAR, MUHAMMAD IQBAL (2018) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Petani Dalam Adopsi Inovasi Kalender Tanam Terpadu Di Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (277Kb)

    Abstract

    Perubahan iklim merupakan gejala alam yang telah terjadi pada semua level baik benua atau negara, maupun spesifik lokasi pada level kecamatan dengan area yang tidak begitu luas. Berbagai layanan informasi cuaca dan iklim seperti data yang diberikan oleh lembaga pemerintah, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi masih jauh dari jangkauan petani. Kehadiran teknologi inovasi Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu (Katam Terpadu) memuat informasi penting seputar musim tanam padi, jagung dan kedelai. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh faktor sosial ekonomi, sikap petani terhadap inovasi, akses media komunikasi, kebutuhan dan faktor karakteristik inovasi secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan petani dalam adopsi inovasi Katam Terpadu. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja di desa Tegalrejo dan Watugajah karena desa tersebut yang menerima program Katam Terpadu di Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel 50 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik petani responden yaitu faktor sosial ekonomi tergolong sedang, sikap tergolong netral, akses media komunikasi tergolong jarang digunakan, kebutuhan pada tingkat kebutuhan sosial, dan karakteristik/sifat inovasi tergolong cukup sesuai; (2) Faktor sosial ekonomi, sikap, kebutuhan, akses media komunikasi dan karakteristik/sifat inovasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan adopsi inovasi Katam Terpadu; (3) Faktor sosial ekonomi, sikap, kebutuhan dan karakteristik/sifat inovasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan adopsi inovasi Katam Terpadu sedangkan akses media komunikasi tidak signifikan; (4) Pengambilan keputusan adopsi inovasi Katam Terpadu di Kecamatan Gedang Sari tergolong sedang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 15:48
    Last Modified: 08 Mar 2018 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39780

    Actions (login required)

    View Item