Pengembangan Modul Elektronik Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada Materi Hukum Newton Siswa Sekolah Menengah Atas

Wibowo, Fajar (2018) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada Materi Hukum Newton Siswa Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis REACT pada materi hukum Newton untuk siswa SMA yang memenuhi kriteria baik. Penelitian merupakan research and development pengembangan yang berdasarkan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Prosedur penelitian berupa define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develope. Hasil penyusunan bahan ajar yaitu: Modul Elektronik Fisika Berbasis REACT pada Materi Hukum Newton Siswa Sekolah Menengah Atas. Modul elektonik fisika berbasis REACT telah melalui tahap validasi (sesuai tahapan 4-D), dengan capaian sebesar 178 dan 179 menurut ahli pembelajaran, 180,67 menurut peer reviewer (yaitu tiga orang mahasiswa), 173 menurut guru fisika SMA. Hasil uji coba awal terhadap peserta didik SMA menunjukkan capaian sebesar 11,11% (sangat baik) dan 88,89% (baik), diperoleh dari 73,77% jawaban ya dan 26,23% mengatakan tidak. Responden untuk uji utama sebanyak 30 siswa SMA menunjukkan capaian 100% (sangat baik), terdiri dari 93,24% menyatakan iya dan 6.76% memilih tidak. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan disimpulkan bahwa modul elektronik fisika berbasis REACT pada materi hukum Newton memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat baik untuk digunakan sebagai bahan belajar mandiri siswa sekolah menengah atas (SMA).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 14:57
    Last Modified: 08 Mar 2018 14:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39767

    Actions (login required)

    View Item