PENGGUNAAN KLAUSA RELATIF PADA PEMBELAJAR BIPA DI UPT BAHASA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

SARI, ANGGUN MELATI (2018) PENGGUNAAN KLAUSA RELATIF PADA PEMBELAJAR BIPA DI UPT BAHASA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1002Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA menitikberatkan pada kata perelatif yang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menjelaskan penggunaan klausa relatif pada pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) kelas darmasiswa level akademik di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Sebelas Maret; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan kendala penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan upaya untuk mengatasi kendala penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret. Sumber data pada penelitian ini adalah informan, peristiwa, dan dokumen. Data yang digunakan berupa data lisan dan data tulis. Data lisan berasal dari tuturan-tuturan pembelajar BIPA yang di dalamnya terdapat klausa relatif sedangkan data tulis berasal dari kalimat-kalimat dalam karangan pembelajar BIPA yang di dalamnya terdapat klausa relatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dilanjutkan dengan teknik lanjutan dari metode simak yakni teknik catat serta metode cakap dengan dilanjutkan teknik pancing. Kemudian, wawancara juga digunakan untuk mengumpulkan data.Validitas data dalam penelitian ini dengan cara triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informant. Teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar metode agih adalah teknik bagi unsur langsung atau teknik BUL. Kemudian, teknik lanjutan berupa teknik lesap, teknik ganti, teknik perluas, teknik sisip, teknik balik, dan teknik ubah ujud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA menggunakan kata perelatif yang. Penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA diklasifikasikan menjadi empat tipe klausa relatif dan ada empat kriteria tipe kesalahan dalam penggunaan klausa relatif. Kendala penggunaan klausa relatif pada pembelajar BIPA dapat disebabkan oleh tiga faktor, yaitu faktor dari pembelajar itu sendiri, faktor pengaruh bahasa pertama yang digunakan dari negara asal, dan faktor lingkungan. Dengan ini, upaya untuk mengatasi kendala tersebut berasal dari pengajar dan pembelajar itu sendiri. Penelitian ini memeroleh simpulan bahwa temuan penelitian berupa penggunaan klausa relatif, kendala-kendala penggunaan klausa relatif, dan upaya untuk mengatasi kendala klausa relatif. Bentuk penggunaan klausa relatif sekaligus menggambarkan penguasaan tingkat kesulitan setiap tipe klausa relatif pada pembelajar BIPA. Kata kunci: klausa, klausa relatif, bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 14:30
    Last Modified: 08 Mar 2018 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39761

    Actions (login required)

    View Item