PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMKN 2 SURAKARTA

Iswari, Anggita Putri (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMKN 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1246Kb)

    Abstract

    Anggita Putri Iswari, PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA KELAS X TGB DI SMKN 2 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah afektif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X TGB di SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas X TGB A dan kelas X TGB B. Teknik pengambilan sampel digunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda untuk data hasil belajar siswa pada ranah penilaian kognitif dan observasi untuk data hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik dan afektif. Analisa data menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ( 0.000< 0,05). Kedua, ada perbedaan hasil belajar ranah ranah afektif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ( 0.000< 0.05 ). Ketiga, ada perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ( 0.002< 0.05 ) Kata kunci : Konvensional, Team Accelerated Instruction (TAI), hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 14:25
    Last Modified: 08 Mar 2018 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39758

    Actions (login required)

    View Item