PENERAPAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Materi Pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim)

Nugraheni, Septiana (2018) PENERAPAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Materi Pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1164Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Septiana Nugraheni (K5413061). PENERAPAN TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Materi Pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan teknik Inside-Outside Circle pada materi pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan tenik Inside-Outside Circle pada materi pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018, dapat memaksimalkan proses pembelajaran pada Siklus II, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Siklus II dengan persentase hasil belajar kompetensi pengetahuan sebesar 92%, hasil belajar kompetensi sikap sebesar 84%, dan hasil belajar kompetensi keterampilan sebesar 88% peserta didik memeroleh nilai di atas KKM. Kata Kunci : Inside-Outside Circle, proses pembelajaran, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 14:22
    Last Modified: 08 Mar 2018 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39756

    Actions (login required)

    View Item