Pengembangan Model Closed Loop Supply Chain Tiga Pihak dngan Mempertimbangkan Jumlah Generasi Remanufacture, Emisi Karbon dan Biaya Pengiriman

SEPTIAN, RENDY DWI (2018) Pengembangan Model Closed Loop Supply Chain Tiga Pihak dngan Mempertimbangkan Jumlah Generasi Remanufacture, Emisi Karbon dan Biaya Pengiriman. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rendy Dwi Septian, NIM : I0313082. PENGEMBANGAN MODEL CLOSED LOOP SUPPLY CHAIN TIGA PIHAK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN JUMLAH GENERASI REMANUFACTURE, EMISI KARBON DAN BIAYA PENGIRIMAN. Skripsi. Surakarta: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah model persediaan pada sistem closed loop supply chain yang melibatkan tiga pihak yaitu pemanufaktur pengecer dan kolektor. Di dalam model yang dikembangkan mempertimbangkan adanya jumlah generasi remanufacture, biaya akibat emisi karbon, biaya transportasi dan inspeksi terhadap barang bekas pakai yang kembali dari pasar. Pemanufaktur memenuhi tingkat permintaan melalui proses produksi reguler dan proses remanufacture. Kolektor mengumpulkan barang bekas pakai lalu dikirimkan kembali kepada pemanufaktur untuk dilakukan proses remanufacture. Memungkinkan adanya generasi remanufacture lebih dari satu kali dengan sejumlah investasi terhadap proses produksi. Tujuan dari model ini adalah menentukan ukuran lot pengiriman, frekuensi pengiriman produk dari pemanufaktur ke pengecer,frekuensi pengiriman barang bekas pakai dari kolektor ke pemanufaktur dan jumlah generasi remanufacture yang optimal sehingga dapat meminimasi total biaya dari rantai pasok. Contoh numerik diberikan sebagai ilustrasi dari model yang dikembangkan. Dari contoh numerik yang diberikan didapatkan titik optimal lokal dengan nilai Q*, n*, k* dan ζ* berturut turut yaitu 13,19 unit; empat kali pengiriman, tiga kali pengiriman dan dua kali generasi remanufacture. Hasil analisis sensitivitas menunjukan bahwa kenaikan parameter tingkat permintaan, biaya setup, biaya variabel dan biaya terhadap energi berpengaruh sensitiv terhadap fungsi tujuan ataupun variabel keputusan. Kata kunci: closed loop supply chain, remanufacture, emisi karbon, biaya pengiriman xii + 68 halaman, 24 gambar, 15 tabel Daftar pustaka: 18 (1967-2017)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 14:13
    Last Modified: 08 Mar 2018 14:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39750

    Actions (login required)

    View Item