Potensi Dan Tingkat Kenyamanan Taman Kota Dalam Upaya Peningkatan Daya Tarik Wisata Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun 2017 (Implementasi Pembelajaran Geografi pada K.D 3.5 Mengevaluasi Tindakan yang Tepat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan)

Kobir, Nurul Hidayah (2018) Potensi Dan Tingkat Kenyamanan Taman Kota Dalam Upaya Peningkatan Daya Tarik Wisata Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun 2017 (Implementasi Pembelajaran Geografi pada K.D 3.5 Mengevaluasi Tindakan yang Tepat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (891Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurul Hidayah Kobir. K5413051. POTENSI DAN TINGKAT KENYAMANAN TAMAN KOTA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA TARIK WISATA KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA TAHUN 2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) potensi taman kota sebagai objek wisata di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta; (2) arah pengembangan taman kota sebagai objek wisata di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta; dan (3) tingkat kenyamanan taman kota sebagai objek wisata di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh taman kota yang terdapat di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Sampel yang terpilih adalah Taman Monumen 45, Taman Balekambang, Taman Soekarno Manahan, dan Taman Tirtonadi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode descriptive qualitative. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk mengetahui potensi taman kota, angket dan wawancara untuk mengetahui arah pengembangan taman kota. Analisis data menggunakan analisis skoring meliputi daya tarik, aksesibilitas, fasilitas dasar dan fasilitas pendukung untuk mengetahui potensi wisata dan analisis tingkat kenyamanan untuk mengetahui kenyamanan fisik taman kota. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat 3 taman kota yang berpotensi cukup potensial yaitu Taman Monumen 45 dengan skor total 238, Taman Balekambang dengan skor total 278 dan Taman Soekarno Manahan dengan skor total 263. Serta terdapat 1 taman kota yang berpotensi kurang potensial yaitu Taman Tirtonadi dengan skor total 188. Kedua, arah pengembangan wisata Taman Monumen 45 diproyeksikan untuk wisata edukasi, Taman Balekambang untuk wisata keluarga, Taman Soekarno Manahan untuk wisata edukasi dan olahraga, serta Taman Tirtonadi untuk wisata air. Ketiga, Taman Monumen 45 mempunyai tingkat kenyamanan sedang dengan nilai Temperature Humidity Index (THI) sebesar 25,39; Taman Balekambang mempunyai tingkat kenyamanan sedang dengan nilai Temperature Humidity Index (THI) sebesar 25,69; Taman Soekarno Manahan mempunyai tingkat kenyamanan sedang dengan nilai Temperature Humidity Index (THI) sebesar 25,84; dan Taman Tirtonadi mempunyai tingkat kenyamanan sedang dengan nilai Temperature Humidity Index (THI) sebesar 26,7. Kata Kunci : Potensi Wisata, Taman Kota, RTH Publik, Temperature Humidity Index

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 13:55
    Last Modified: 08 Mar 2018 13:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39743

    Actions (login required)

    View Item