Hubungan antara Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food dengan Sindroma Premenstruasi pada Mahasiswi Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Rahmi, Nur Fajri (2018) Hubungan antara Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food dengan Sindroma Premenstruasi pada Mahasiswi Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (156Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Sindroma premenstruasi adalah kumpulan gejala fisik dan emosional-perilaku yang muncul 10-14 hari sebelum menstruasi dan mereda setelah sampai beberapa hari setelah menstruasi dimulai. Kumpulan gejala tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi makanan yang tinggi kadar gula dan lemak seperti junk food dapat mempengaruhi kadar estrogen dan serotonin di dalam tubuh yang dibutuhkan sebagai faktor penyebab terjadinya sindroma premenstruasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan mengonsumsi junk food dengan sindroma premenstruasi pada mahasiswi kedokteran Universitas Sebelas Maret. Metode: Penelitian ini merupakan studi penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada Mei 2017 dengan jumlah sampel 113 mahasiswi kedokteran Universitas Sebelas Maret yang sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner lalu data dianalisis secara statistik dengan Uji Chi-Square. Hasil: Uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai Asymp. Sign 0,02. Nilai Koefisien Kontingensi sebesar 0,221 ( p = 0,016, C = 0,221). Simpulan: Ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan mengonsumsi junk food dengan sindroma premenstruasi pada mahasiswi kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan kekuatan korelasi lemah. Kata Kunci: kebiasaan mengonsumsi junk food, sindroma premenstruasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 13:51
    Last Modified: 08 Mar 2018 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39739

    Actions (login required)

    View Item