KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BHINEKHA KARYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Puspitasari, Adelia Dara (2018) KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BHINEKHA KARYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (851Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adelia Dara Puspitasari. K3113001. KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTIONUNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINEPADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKBHINEKHA KARYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017,Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kecanduan game online Peserta Didik Kelas X SMKBhinekha Karya Surakarta Tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian single case experimental design rancangan desainnya adalah desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik kelas X SMK Bhinekha Karya Surakarta.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, lembar observasi durasi-frekuensi dan instrument observasi perilaku kecanduan game online. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik analisis antara lain analisis dalam kondisi dan analisis klinis. Hasil uji hipotesis tindakan dilakukan secara deskriptif yaitu dengan cara menganalisis hasil observasi dan wawancara perilaku kecanduan game online subjek penelitian. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi serta analisis klinis data durasi dan frekuensi perilaku kecanduan game online subjek AP dan AS dihasilkan adanya perubahan pada perilaku kecanduan game online subjek penelitian ke arah yang lebih baik yaitu kecenderungan arah menurun, baik dari baseline-1, intervensi maupun baseline-2. Kata Kunci: Self Instruction, Kecanduan, game online. ABSTRACT Adelia Dara Puspitasari K3113001. THE EFFECTIVITY OF SELF INSTRUCTION TECHNIC TO DECREASE ONLINE GAME’S ADDICTION ON THE 10th GRADE STUDENTS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL BHINEKHA KARYA SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2016/2017,Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University of Surakarta, December 2017 This research was aimed to examine the effectiveness of self instruction technic to decrease online game’s addiction on the 10th grade students of vocational high school bhinekha karya surakarta academic year 2016/2017. This research is included into experimental reasearch by using the method of single case experimental design. The design planning is A-B-A. The research subject is two participants from the Students of the first grade in SMK Bhinekha Karya Surakarta. The data collection technique by using interview, questionnaire, frequence-duration observation sheet, and observation instrument of online game addicted behaviour. The data anallyse in this research uses two techniques, they are analyse in condition and clinic analyse. The result of hypothesis test of action is done descriptively by analyzing the result of observation and interview the behavior of fame addiction toward the subject of research. Based on the results of the analysis in the condition and clinical analysis of the data duration and frequency of addiction of the subject’s behavior of online game;s, the results of subject AP and AS there are the changes in the behavior of addiction game online subjects to a better direction that is the downward direction of both baseline-1, intervention and baseline-2 Key words : Self instruction, online game, addicted

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2018 13:49
    Last Modified: 08 Mar 2018 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39738

    Actions (login required)

    View Item