PERTUMBUHAN PENDUDUK USIA SEKOLAH DASAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - TAHUN 2017 (Modul Untuk Pembelajaran Geografi Kelas XI Pada KD 3.5 Menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan)

Wibowo, Novika Adi (2018) PERTUMBUHAN PENDUDUK USIA SEKOLAH DASAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - TAHUN 2017 (Modul Untuk Pembelajaran Geografi Kelas XI Pada KD 3.5 Menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1029Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novika Adi Wibowo. PERTUMBUHAN PENDUDUK USIA SEKOLAH DASAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - TAHUN 2017 (Modul Untuk Pembelajaran Geografi Kelas XI Pada KD 3.5 Menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pertumbuhan penduduk usia Sekolah Dasar di Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2011 hingga 2017; (2)Mengetahui persebaran penduduk usia Sekolah Dasar di Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2011 hingga 2017; (3) Mengetahui kecukupan fasilitas pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2011 hingga 2017; (4) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggabungan sekolah (regrouping); (5) Mengetahui penyusunan modul untuk pembelajaran mata pelajaran Geografi SMA Kelas XI pada KD 3.5 Menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan Jenis penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif dengan rancangan populasi penelitian adalah meliputi anak usia 7-12 tahun yang ada pada masing-masing desa di Kecamatan Gabus. Sampel dalam penelitian ini adalah SD yang mengalami kebijakan penggabungan sekolah (regrouping) yaitu SD Negeri Gabus 01, SD Negeri Gabus 02 dan SD Negeri Gabus 03. Sampel meliputi 19 guru, 46 orang tua wali dan 46 peserta didik. Sampel penelitian dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah proyeksi eksponensial, proyeksi penduduk, dan tabulasi frekuensi jawaban responden untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggabungan sekolah (regrouping). Hasil penelitian ini adalah (1) Angka pertumbuhan penduduk usia Sekolah Dasar di Kecamatan Gabus periode 2011-2017 mengalami penurunan sebesar 3,5%; (2) Jumlah penduduk usia Sekolah Dasar pada tahun 2017 adalah 6.418 anak; (3) Proyeksi kebutuhan gedung sekolah ideal setelah mengalami regrouping adalah 17 gedung. Sedangkan hasil perhitungan kebutuhan jumlah ruang kelas yang ada di Kecamatan Gabus pada tahun 2017 adalah 104 ruang, sehingga terdapat kelebihan ruang kelas sebanyak 123 ruang; (4) Dari hasil angket persepsi masyarakat terhadap penggabungan sekolah (regrouping), 82,23% masyarakat memiliki persepsi yang positif sedangkan 17,62% masyarakat memiliki persepsi yang negatif terhadap penggabungan sekolah; (5) Hasil penelitian diimplementasikan sebagai bahan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam bentuk modul pembelajaran pada mata pelajaran Geografi Kelas XI KD 3.5 Menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan. Kata kunci: Pertumbuhan Penduduk, Fasilitas Pendidikan, Kecamatan Gabus

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Mar 2018 13:48
    Last Modified: 08 Mar 2018 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39736

    Actions (login required)

    View Item