Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Creative Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi DatarDitinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIIISMP Negeri Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017

RAMDHANI, MARLISA RAHMI (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Creative Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi DatarDitinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIIISMP Negeri Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara model pembelajaran DL-saintifik, CPS-saintifik, atau pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar; 2) mengetahui siswa manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa kategori self efficacy tinggi, sedang, atau rendah pada materi bangun ruang sisi datar; 3) mengetahui pada masing-masing model pembelajaran, siswa kategori self efficacy manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa kategori self efficacy tinggi, sedang, atau rendah pada materi bangun ruang sisi datar; 4) mengetahui pada masing-masing kategoriself efficacy, model pembelajaran manakah yang memberikan presatsi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran DL-saintifik, CPS-saintifik, atau pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan rancangan 3×3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar. Sampel yang digunakan yaitu 9 kelas dengan total siswa sejumlah 300 siswa. Pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan angket. Analisis data dengan mengggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1)model pembelajaran DL-saintifik menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran CPS-saintifik dan pembelajaran langsung, serta model pembelajaran CPS-saintifik menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baikdaripada pembelajaran langsung;2) siswa dengan kategori self efficacy tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kategori self efficacy sedang dan rendah, serta siswa dengan kategori self efficacy sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa kategori self efficacy rendah; 3) pada masing-masing kategori self efficacy siswa, model pembelajaran DL-saintifik menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran CPS-saintifik dan pembelajaran langsung, serta model pembelajaran CPS-saintifik menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada pembelajaran langsung; dan 4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kategori self efficacy tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kategori self efficacy sedang dan rendah, serta siswa dengan kategori self efficacy sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa kategori self efficacy rendah. Kata kunci: prestasi belajar matematika, model pembelajaran Discovery Learning (DL), model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), pendekatan saintifik,self efficacy.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 20:03
    Last Modified: 07 Mar 2018 20:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39729

    Actions (login required)

    View Item