Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Hakikat Geografi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017

UTAMI, LILIS (2018) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Hakikat Geografi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (855Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lilis Utami. K5412047. EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HAKIKAT GEOGRAFI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hakikat geografi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah Kelas X-3 dan Kelas X-4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hakikat geografi SMA N Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Hal ini sesuai dengan keputusan uji hipotesis yang menggunakan uji t dan mendapatkan hasil thitung = 2,696 dan ttabel = 1,689 (thitung > ttabel). Kata Kunci : Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 19:59
    Last Modified: 07 Mar 2018 19:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39728

    Actions (login required)

    View Item