EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN ARIAS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Syifa, Isnaeni Nur (2018) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN ARIAS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1799Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan ARIAS atau siswa dengan model pembelajaran langsung; manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan aktivitas tinggi sedang atau rendah; pada masing-masing aktivitas belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan ARIAS atau siswa dengan model pembelajaran langsung; pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dipilih dua kelas dari delapan kelas yang ada dengan teknik cluster random sampling, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan angket aktivitas belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan ARIAS mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung; siswa dengan tingkat aktivitas belajar lebih tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat aktivitas yang lebih rendah; pada masing-masing kategori aktivitas belajar siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah, siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS dengan pendekatan ARIAS mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung; pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tingkat aktivitas belajar lebih tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat aktivitas belajar yang lebih rendah. Kata kunci : TSTS, ARIAS, aktivitas belajar, persamaan garis lurus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 19:49
    Last Modified: 07 Mar 2018 19:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39724

    Actions (login required)

    View Item