Strategi Sekolah dalam Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA 5 Surakarta

Putri, Dita Deas Syah (2018) Strategi Sekolah dalam Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA 5 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (735Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dita Deas Syah Putri. K8413023. STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA 5 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk partisipasi siswa dalam mendukung program sekolah adiwiyata di SMA 5 Surakarta. (2) strategi sekolah dalam membuat siswa agar memiliki perilaku peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata di SMA 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara serta data sekunder didapatkan melalui dokumentasi dan observasi. Pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas X, XI, dan XII serta guru sebagai pengurus program adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa melakukan partisipasi pikiran, tenaga, keahlian, barang, dan uang yang diterapkan dalam kegiatan adiwiyata di sekolah. (2) Sekolah menerapkan empat strategi untuk untuk membentuk perilaku peduli lingkungan kepada siswa melalui: melalui kegiatan belajar mengajar di kelas, pembiasaan dalam kehidupan keseharian di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah. Strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk membentuk perilaku peduli lingkungan terhadap siswa serta perilaku siswa dalam benuk partisipasinya terhadap program adiwiyata merupakan bentuk tindakan rasional instrumental. Dalam melaksanakan kegiatan, terdapat pemilihan alat yang mendukung berlangsungnya kegiatan tersebut dengan mempertimbangkan akibat yang akan diterima untuk mencapai suatu tujuan yakni keadaan lingkungan alam yang sehat. Kata kunci: strategi, sekolah adiwiyata, tindakan rasional instrumental

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 19:26
    Last Modified: 07 Mar 2018 19:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39715

    Actions (login required)

    View Item