Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Motion Graphic Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar

WARDHANI, DINAR TRI (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Motion Graphic Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (290Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dinar Tri Wardhani. K7413050. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 329 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 48 siswa dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 48 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas butir. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap motivasi belajar siswa. Siswa antusias dan aktif selama proses pembelajaran. Video motion graphic mampu menarik perhatian, siswa mudah mengingat dan menguasai konsep yang sedang dipelajari. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai Sig.(2 tailed) < 0,05 ( 0,002 < 0,05). Siswa yang belajar menggunakan model problem based learning berbantuan video motion graphic mempunyai motivasi belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang hanya belajar menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kata Kunci : model problem based learning, motion graphic, motivasi belajar, pembelajaran akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 19:25
    Last Modified: 07 Mar 2018 19:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39714

    Actions (login required)

    View Item