Analisis Penggunaan Mobile Learning Dalam Pembelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

NUGRAHA, ANTONIUS ARI (2018) Analisis Penggunaan Mobile Learning Dalam Pembelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1560Kb)

    Abstract

    Antonius Ari Nugraha. K4412005. ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pemahaman guru tentang mobile learning dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Boyolali; (2) bentuk perencanaan guru dalam pembelajaran sejarah dengan mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali; (3) Model pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali; (4) Evaluasi pembelajaran sejarah dengan mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali; (5) kendala-kendala dalam proses pembelajaran serta solusi dalam pembelajaran mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian atau cuplikan dilakukan secara selektif atau biasa disebut purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sejarah di SMA Negeri 1 Boyolali sudah memahami konsep pembelajaran mobile learning hal ini dapat di tunjukkan dengan di gunakanya alat elektronik bergerak dalam pembelajaran; (2) Perencanaan pembelajaran Sejarah dengan mobile learning dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada silabus Kurikulum 2013 yang di dalamnya sudah memuat langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan alat elektronik bergerak; (3) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah dengan mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali telah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dengan digunakannya berbagai media pendukung model pembelajaran mobile learning seberti media blog sebagai alat bantu pembelajaran dengan siswa mencari sumber informasi Sejarah melalui perangkat mobile; (4) Evaluasi dalam pembelajaran mobile learning dengan menggunakan Sistim online sebagai media evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan dengan digunakanya Computer Based test (CBT) sebagai media evaluasi online; (5) Kendala yang ditemui dalam pembelajaran mobile learning di SMA Negeri 1 Boyolali antara lain; (a) adanya koneksi internet yang lemah dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menyarankan siswa menggunakan paket data internet milik siswa sendiri; (b) adanya beberapa peserta didik yang kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan hal ini dapat diatasi dengan pemberian tugas mandiri dan siswa tersebut dijadikan ketua kelompok dalam diskusi; (c) Adanya proses pembangunan sekolah menghambat proses mobilisasi siswa dalam pembelajaran mobile learning dan langkah mengatasinya adalah dengan menggunakan ruangan yang tidak dalam proses pembangunan (renovasi) atau agak jauh dari lokasi pembangunan. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Mobile learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Mar 2018 12:41
    Last Modified: 07 Mar 2018 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39707

    Actions (login required)

    View Item