Pengembangan Model Pembelajaran Mandiri Berbasis Blended Learning pada DIKLAT PTK untuk Meningkatkan Kompetensi Penulisan Karya Ilmiah Guru

SETIADI, GUNAWAN (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Mandiri Berbasis Blended Learning pada DIKLAT PTK untuk Meningkatkan Kompetensi Penulisan Karya Ilmiah Guru. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gunawan Setiadi. 2017 Pengembangan Model Pembelajaran Mandiri Berbasis Blended Learning pada Diklat PTK untuk Meningkatkan Kompetensi Penuliasan karya Ilmiah Guru. Disertasi. Surakarta: Program Doktor UNS. 2017. Pembimbing: Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd. (Promotor), Prof. Dr. rer. Nat. Sajidan, M.Si. (Co-promotor), Prof. Dr. Soeharto, M.Pd. (Co-promotor ). Tujuan penelitian ini untuk: (1) menganalis model diklat PTK yang diselenggarakan sekolah selama ini, (2) mengembangkan desain model pembelajaran mandiri berbasis blended learning (PMB2L), (3) memvalidasi model PMB2L dan (3) menguji keefektifan model PMB2L. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan ta hapan: studi eksplorasi yaitu mengidentifikasi pelatihan PTK yang selama ini berlangsung, sehingga muncul draf model. Selanjutnya draf model tersebut diuji oleh para pakar. Tahap kedua adalah pengembangan; setelah draf model divalidasi pakar, maka berikutnya diuji coba model di lapangan untuk mengukur keefektifan produk. Setelah direvisi kemudian diuji cobakan pada uji keefektifan model. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) model faktual diklat PTK di sekolah mencakup: (a) perencanaan, (b) pengorganisasian, (c) pelaksanaan, dan (d) pengawasan. Hasil uji coba model pertama 3 subjek penelitian meliputi (a) hasil angket skala 4 proses pembelajaran mendapat skor kategori sangat baik, (b) angket pelaksanaan PTK skala 4 memperoleh kategori sangat baik, (c) jawaban atas interview menunjukkan pembelajaran berjalan baik, dan (d) hasil laporan PTK: 2 laporan sangat layak dan 1 laporan layak. Hasil uji coba kedua 3 subjek penelitian meliputi (a) hasil angket skala 4 proses pembelajaran berbasis blended learning mendapat kategori sangat baik, (b) angket pelaksanaan PTK skala 4 memperoleh kategori sangat baik, (c) jawaban atas interview menunjukkan pembelajaran berjalan sangat baik, dan (d) hasil laporan PTK: 2 laporan PTK sangat layak dan 1 laporan layak. Tahap akhir adalah hasil olah data skor pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ada perbedaan antara gain skor kelompok eksperimen dengan gain skor kelompok kontrol. Dengan demikian maka blended learning lebih berhasil daripada pelatihan biasa. Kata Kunci:pembelajaran mandiri, blended learning, PTK, karya ilmiah guru.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Doktor
    Pascasarjana > Doktor > Ilmu Pendidikan - S3
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2018 14:40
    Last Modified: 02 Mar 2018 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39680

    Actions (login required)

    View Item