PENDETEKSIAN KRISIS KEUANGAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN GABUNGAN MODEL VOLATILITAS DAN MARKOV SWITCHING DENGAN INDIKATOR M1 DAN M2 MULTIPLIER

S, CLARA DINI V (2018) PENDETEKSIAN KRISIS KEUANGAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN GABUNGAN MODEL VOLATILITAS DAN MARKOV SWITCHING DENGAN INDIKATOR M1 DAN M2 MULTIPLIER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (681Kb)

    Abstract

    Pada pertengahan tahun 1997 dan tahun 2008, Indonesia mengalami krisis keuangan. Dampak yang dihasilkan cukup parah terhadap perekonomian Indonesia sehingga perlu adanya sistem pendeteksian dini krisis keuangan. Krisis keuangan dapat dideteksi berdasarkan beberapa indikator ekonomi diantaranya M1 dan M2 Multiplier. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model yang sesuai untuk mendeteksi krisis keuangan di Indonesia berdasarkan indikator tersebut dengan menggunakan gabungan model volatilitas dan Markov switching tiga state. Kedua indikator dapat dimodelkan menggunakan model SWARCH untuk menentukan krisis keuangan di Indonesia pada tahun 2017. Selain itu,penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan hubungan dari kedua indikator tersebut. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh data M1 dan M2 Multiplier dari Januari 1990 sampai November 2016 dapat dimodelkan dengan model SWARCH (3, 1) dan SWARCH (3, 2). Model tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi krisis keuangan pada pertengahan tahun 1997 dan tahun 2008 berdasarkan nilai smoothed probability. Pada tahun 2017, peramalan nilai smoothed probability menunjukkan Indonesia rawan mengalami krisis keuangan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan kedua indikator tersebut mempunyai hubungan dalam mendeteksi krisis keuangan di Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2018 14:26
    Last Modified: 02 Mar 2018 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39674

    Actions (login required)

    View Item