PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS, DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH JASA PENDIDIKAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA

CAHYANI, YUNITA DWI (2018) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS, DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH JASA PENDIDIKAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yunita Dwi Cahyani. K7413184. PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH JASA PENDIDIKAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan peserta didik memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta; 2) pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan peserta didik memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta; 3) pengaruh persepsi fasilitas pendidikan terhadap keputusan peserta didik memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta; 4) pengaruh persepsi harga, kualitas dan fasilitas pendidikan terhadap keputusan peserta didik memilih jasa pendidikan di SMA AL Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Al Islam 1 Surakarta. Teknik pengambilan sempel yang digunakan yaitu porpotionate random sampling sebanyak 190 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik atau kuesioner untuk mengetahui persepsi harga, kualitas, fasilitas belajar dan keputusan peserta didik dalam memilih jasa pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi harga, kualitas dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap keputusan peserta didik dalam memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta (Fhitung 47,860 > Ftabel 2,65) sebesar 43,6%. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi harga terhadap keputusan peserta didik dalam memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta (thitung 5,915 > ttabel 1,9728) sebesar 15,68%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi kualitas terhadap keputusan peserta didik dalam memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta (thitung 4,155 > ttabel 1,9728) sebesar 8,47%. Keempat, terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi fasilitas pendidikan terhadap keputusan peserta didik dalam memilih jasa pendidikan di SMA Al Islam 1 Surakarta (thitung 3,551 > ttabel 1,9728) sebesar 6,35%. Kata Kunci: persepsi harga, persepsi kualitas, persepsi fasilitas belajar, pengambilan keputusan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 14:47
    Last Modified: 28 Feb 2018 14:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39666

    Actions (login required)

    View Item