PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 WEDI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KURNIAWATI, TATIEK (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 WEDI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1045Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedi; 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT; dan 3) Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedi tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 27 siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, sedangkan data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) Rata – rata persentase aktivitas belajar siswa untuk masing – masing aspek kegiatan yaitu kegiatan visual setidaknya 70%, kegiatan lisan setidaknya 60%, kegiatan menulis setidaknya 70%, 2) Rata – rata persentase pemahaman konsep siswa skor 3 setidaknya 60%. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada prasiklus diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 42,89% dan pemahaman konsep siswa 6,67%. Pada siklus I diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 54,80% dan pemahaman konsep 27,41%. Pada siklus II diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 70,55% dan pemahaman konsep siswa 71,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedi Tahun Pelajaran 2016/2017. KATA KUNCI : TTW, REACT, aktivitas belajar, pemahaman konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 14:21
    Last Modified: 28 Feb 2018 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39661

    Actions (login required)

    View Item