STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017

HIDAYAT, SYAIFUL (2018) STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (598Kb)

    Abstract

    Syaiful Hidayat. STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017; 2) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017; 3) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang kreativitas guru dalam mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 121 siswa dari populasi yang berjumlah 191 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari angket persepsi kreativitas guru dalam mengajar, angket motivasi belajar dan dokumentasi dari hasil belajar sejarah. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi sederhana, dan regresi ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan antara persepsi tentang kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar sejarah. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2,601> 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 54,5% dan sumbangan efektif 5,4%. 2) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sejarah. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,369 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 45,5% dan sumbangan efektif 4,5%. 3) terdapat hubungan antara persepsi tentang kreativitas guru dalam mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar sejarah. Hal ini berdasarkan hasil analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6,515 > 3,073 dan nilai signifikansi < 0,05. Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,990, berarti besarnya persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sejarah adalah sebesar 9,9%. Sedangkan sisanya yakni 90,1% merupakan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar sejarah, motivasi belajar sejarah, hasil belajar sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 14:19
    Last Modified: 28 Feb 2018 14:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39660

    Actions (login required)

    View Item