Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Pada Materi Usaha dan Energi

Faradilla, Lisa (2018) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Pada Materi Usaha dan Energi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (448Kb)

    Abstract

    Lisa Faradilla. K2313041. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, (Oktober) 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa: Penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model Treffinger dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi Usaha dan Energi. Peningkatan aktivitas belajar siswa, dilihat pada Siklus I belum ada satu aspek aktivitas belajar yang mencapai target, ketercapaian masing-masing aspek yaitu oral activities 70 %, motor activities 70 %, drawing activities, writing activities 70 %, mental activities 70 %, dan emotional activities 70 %. Pada Siklus II mengalami peningkatan dan juga telah memenuhi target ketercapaian yang telah ditentukan oleh penelliti. Kata kunci: Treffinger, aktivitas belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 11:32
    Last Modified: 28 Feb 2018 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39641

    Actions (login required)

    View Item