Pemanfaatan Video Tutorial dengan Camtasia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak pada Siswa Kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

HAKIM, IBNU CANDRA (2018) Pemanfaatan Video Tutorial dengan Camtasia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak pada Siswa Kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (537Kb)

    Abstract

    Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan minat belajar siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak menggunakan media video Tutorial dengan Camtasia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data berasal dari wali kelas, kepala tata usaha dan siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 72,14 % dengan persentase ketercapaian 75 % menjadi 78,81 % pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dari prasiklus sebesar 45,71 % menjadi 71,43 % pada siklus I dan 80,00 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Media Video Tutorial dengan Camtasia, Minat Belajar, Hasil Belajar. Abstract: The purposes of this study was (1) increase the interest of learning class X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo at academic year 2016/2017 on the subject of drawing with software and, (2) increase the student learning outcomes of class X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo at academic year 2016/2017 on the subjects of Drawing with software by using Tutorial video media with Camtasia. This classroom action research consisted of two cycles. Each cycle consisted of planning, running action, observation, and reflection. The research subject were teacher and students of class X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo at academic year 2016/2017. The source of data comes from the vice class teacher, the head of the administration and students of class X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo obtained through observation, documentation, and test. The data analysis technique used was comparative descriptive analysis. The results of the research showed that the Tutorial video media with Camtasia can improved student interest from the first cycle of 72,14 % to 78,81 % in the second cycle. Student learning outcomes of preassue also increased by 45.71% to 71.43% in the first cycle and 80.00% in the second cycle. The conclusion of this research was the application of Tutorial video media with Camtasia can increased learning interest and student learning outcomes in subject drawing with software class X SMK TGB B 4 Sukoharjo at academic year 2016/2017. Keyword: Classroom Action Research, Tutorial Video with Camtasia, Interest, Learning Outcome

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 11:20
    Last Modified: 28 Feb 2018 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39635

    Actions (login required)

    View Item