Analisis Lendutan Dan Tegangan Perkerasan Kaku Dengan Penambahan Sayap

YASIR, FARID (2018) Analisis Lendutan Dan Tegangan Perkerasan Kaku Dengan Penambahan Sayap. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2088Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Perkerasan kaku adalah konstruksi perkerasan di mana dipergunakan pelat beton sebagai lapisan atas yang terletak di atas pondasi atau langsung di atas tanah dasar. Pada perkerasan kaku, seluruh beban roda dipikul oleh pelat beton. Nilai lendutan dan tegangan merupakan diantara hal yang diperhitungan dalam perancangan perkerasan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lendutan dan tegangan pada perkerasan kaku pada variasi nilai CBR, tebal pelat, lokasi beban dan penambahan sayap. Metode penelitian ini dilakukan dengan simulasi menggunakan pemodelan dengan program SAP2000 untuk mendapatkan nilai lendutan dan tegangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa nilai CBR, ketebalan pelat, dimensi sayap dan pembebanan dari kendaraan. Model pelat berukuran 6x3 m dengan variasi tebal 20 cm, 25 cm dan 30 cm, nilai CBR 5%, 10%, 15% dan 20%, dengan mutu beton K350, dengan beban 8 ton pada 3 posisi pembebanan, yaitu pembebanan ujung, pembebanan tepi dan pembebanan tengah dan sayap lebar 25 cm tinggi 50 cm. Hasil analisis menunjukkan lendutan semakin turun dengan bertambahnya nilai CBR dengan penurunan sebesar 7% - 37%. Penambahan tebal pelat menurunkan nilai lendutan sebesar 2% - 24%. Pelat tanpa sayap posisi beban di ujung memberikan nilai lendutan terbesar atau sebesar 1,724 mm dan pelat dengan sayap posisi beban di tengah mempunyai lendutan terkecil atau sebesar 0,173 mm. Penambahan sayap mereduksi lendutan bila beban berada di tepi atau di ujung dengan penurunan sebesar 65%. Nilai tegangan semakin turun bila nilai CBR bertambah dengan penurunan sebesar 0,2% - 59%. Penambahan tebal pelat menurunkan nilai tegangan sebesar 9% - 43%. Pelat dengan sayap posisi beban di tengah mempunyai tegangan terkecil atau sebesar 0,250 N/mm2 dan pelat tanpa sayap posisi beban di ujung memberikan nilai tegangan terbesar atau sebesar 3,524 N/mm2. Penambahan sayap akan mereduksi lendutan bila beban berada di tepi atau di ujung dengan prosentase penurunan mencapai 182%. Kata kunci: perkerasan kaku, lendutan, tegangan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 10:44
    Last Modified: 28 Feb 2018 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39625

    Actions (login required)

    View Item