UPAYA PENANGGULANGAN TERORISME DI LAUT PADA KAWASAN ASEAN MELALUI MEKANISME KERJASAMA MULTILATERAL DAN REGIONAL ASEAN DALAM RANGKAMEWUJUDKAN KEAMANAN LAUT

F, ALVIANDINI NANDA (2018) UPAYA PENANGGULANGAN TERORISME DI LAUT PADA KAWASAN ASEAN MELALUI MEKANISME KERJASAMA MULTILATERAL DAN REGIONAL ASEAN DALAM RANGKAMEWUJUDKAN KEAMANAN LAUT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (867Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapandari TheConventionForTheSuppressionOfUnlawfulActsAgainst The Safety Of MaritimeNavigationsebagai pengaturan di tingkat internasional terkait dengan kejahatan terorisme di laut pada kawasan ASEAN, serta mengkaji mekanisme kerjasama di ASEAN sebagai bentuk kerjasama di tingkat regional Asia Tenggara untuk menanggulangi terorisme di laut. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian normatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan dengan teknik analisis data yang digunakan adalah sistematisasi terhadap bahan-bahan hukum tertulis. Hasil dari penelitian ini berupa tindak kejahatan terorisme di laut telah menjadi ancaman baru bagi keamanan laut di kawasan ASEAN. Konvensi SUA sebagai satu satunya pengaturan di tingkat internasional yang mengatur mengenai terorisme di laut berperan besar dalam menanggulangi permasalahan tersebut, utamanya pada kawasan ASEAN. Namun, penerapan konvensi SUA ini tidak bekerja secara maksimal di kawasan regional ASEAN, dikarenakan adanya hambatan-hambatan yang timbul di kawasan regional tersebut, sehingga dibutuhkan mekanisme di tingkat regional untuk mengatasi permasalahan tersebut. ASEAN sebagai salah satu organisasi internasional yang menaungi negara-negara di ASEAN memiliki mekanisme kerjasama antar anggota yang dapat digunakan sebagai alternatif bentuk penanggulangan terorisme di laut pada kawasan ASEAN, mekanisme tersebut yaitu, ASEAN Counter-terrorism dan ASEAN Regional Forum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2018 10:09
    Last Modified: 28 Feb 2018 10:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39611

    Actions (login required)

    View Item