Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring Muntilan

ASTUTI, YUNIARTI (2018) Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring Muntilan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Updated Version
Download (144Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN EMPATI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNG PRING MUNTILAN Yuniarti Astuti G0112093 Program Studi Psikologi Fakultas Kedoketran Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Perilaku prososial adalah segala bentuk perilaku menolong yang ditujukan kepada orang lain yang memberikan manfaat positif bagi orang yang ditolong sehingga penerima pertolongan akan menjadi lebih sejahtera baik secara material maupun psikologis. Perilaku prososial pada remaja dipengaruhi oleh berbagai variabel, diantaranya adalah pola asuh orang tua dan empati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan empati dengan perilaku prososial, hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku prososial, dan hubungan antara empati dengan perilaku prososial pada siswa SMP Muhamadiyah Plus Gunung Pring Muntilan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 274 siswa SMP Muhamadiyah Plus Gunung Pring Muntilan. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan menggunakan teknik undian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 6 kelas sebanyak 134 subjek. Instrumen yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua dengan reliabiitas 0,605 pada skala ooriter, 0,723 pada skala demokratis, dan 0,702 pada skala permisif, skala empati dengan reliabiitas 0,731, dan skala perilaku prososial dengan reliabiitas 0,881. Analisis hipotesis utama tidak dapat menggunakan analisis regresi linier karena tidak memenuhi syarat uji linearitas antara pola asuh orang tua dan perilaku prososial. Uji hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji asosiatif nonparametrik yang menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan prososial (sig. 0,043 < 0,05), r = -0,124, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan prososial (sig. 0,000 < 0,05), r = 0,302, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan prososial (sig. 0,000 < 0,05), r = -0,228 dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara empati dengan prososial (sig. 0,000 < 0,05), r = 0,432. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan prososial, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan prososial, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan prososial, terdapat hubungan positif yang signifikan antara empati dengan prososial pada siswa SMP Muhamadiyah Plus Gunung Pring Muntilan. Kata kunci: pola asuh orang tua, empati, perilaku prososial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 27 Feb 2018 14:48
    Last Modified: 27 Feb 2018 14:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39605

    Actions (login required)

    View Item