PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

MAELIN, ZAHROH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Zahroh Maelin. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarah sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media film dokumenter dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali. Hal ini terbukti dengan pencapaian indikator aktivitas pembelajaran yang semakin meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, pencapaian indikator aktivitas pembelajaran sebesar 60%, pada siklus I meningkat menjadi 69,02% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,59%. Pencapaian tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar ≥80%. Kemudian prestasi belajar sejarah juga meningkat, pada tahap prasiklus pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM 75) sebesar 41,38%, pada siklus I meningkat menjadi 62,07% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,21%. Pencapaian tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar ≥80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media film dokumenter dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Problem Based Learning, film dokumenter, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 12:42
    Last Modified: 27 Feb 2018 12:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39602

    Actions (login required)

    View Item