Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Wilayah Peri Urban terhadap Pola Pergerakan Masyarakat Wilayah Peri Urban menuju Kota Surakarta

PUTRI, YULVIA DWITYA (2018) Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Wilayah Peri Urban terhadap Pola Pergerakan Masyarakat Wilayah Peri Urban menuju Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    Kota Surakarta memiliki peran sebagai pusat perkembangan bagi wilayah di sekitarnya atau wilayah peri urban (WPU). Kota Surakarta memiliki fasilitas kota yang lengkap dan dapat melayani kebutuhan masyarakat Kota Surakarta sendiri maupun untuk masyarakat WPU. Interaksi antara Kota Surakarta dengan WPU terjadi dikarenakan adanya pergerakan ulang-alik masyarakat WPU menuju Kota Surakarta untuk menggunakan fasilitas di Kota Surakarta dalam memenuhi kegiatan sehari-harinya. Pergerakan ulang-alik yang terjadi secara terus menerus nantinya akan membentuk suatu pola pergerakan yang beragam dan mengakibatkan permasalahan yaitu tingginya jumlah pergerakan ulang-alik dan terjadinya kemacetan pada di setiap jalan masuk menuju Kota Surakarta dan di dalam Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap pola pergerakan masyarakat WPU menuju Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis skoring untuk ketersediaan fasilitas dan teknik deskriptif spasial untuk pola pergerakan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas yang ada di WPU dalam kondisi baik, cukup lengkap dan dapat mewadahi kebutuhan masyarakat WPU itu sendiri, tetapi pola pergerakan yang dilakukan masyarakat WPU tetap didominasi bergerak menuju Kota Surakarta dalam menggunakan fasilitas. Hal ini dikarenakan skala pelayanan fasilitas yang tersedia di WPU belum dapat melayani secara keseluruahn masyarakat WPU serta preferensi masyarakat terkait pemilihan dalam menggunakan fasilitas menjadi hal penting didalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa terdapatnya pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap pola pergerakan masyarakat WPU menuju Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 12:08
    Last Modified: 27 Feb 2018 12:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39599

    Actions (login required)

    View Item