EKSPERIMEN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X

RESPATI, YUANITA SRI (2018) EKSPERIMEN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (613Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya: (1) Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS dan GI terhadap kemampuan kognitif Fisika, (2) Perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika, dan (3) Interaksi pengaruh antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS dan GI dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Eksperimen. Desain penelitian adalah desain faktorial 2x2 (AxB) dengan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis siswa dan variabel terikatnya adalah kemampuan kognitif siswa.. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 8 dan X MIA 6 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling yang mewakili populasi kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data berpikir kritis siswa dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Kooperatif Tipe TAPPS dan GI terhadap kemampuan kognitif siswa (Fa=4,056>F0,05;1;69=4,000), perbedaan menurut uji Scheffe’ menunjukkan perbedaan signifikan, kelas model TAPPS memiliki rataan kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas model GI, (2) Ada perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa. (Fb=8,981

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 12:06
    Last Modified: 27 Feb 2018 12:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39598

    Actions (login required)

    View Item