KONSTRUKSI POTENSIAL PARTNER DARI PERSAMAAN SCHRODINGER DIMENSI-4 UNTUK POTENSIAL INVERSE POLINOMIAL PLUS POTENSIAL SCARF TRIGONOMETRI

WAHYULIANTI, WAHYULIANTI (2018) KONSTRUKSI POTENSIAL PARTNER DARI PERSAMAAN SCHRODINGER DIMENSI-4 UNTUK POTENSIAL INVERSE POLINOMIAL PLUS POTENSIAL SCARF TRIGONOMETRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (474Kb)

    Abstract

    Persamaan Schrodinger dimensi-4 untuk potensial Inverse Polinomial plus potensial Scarf trigonometri dan potensial partnernya dapat diselesaikan dengan menggunakan metode fungsi gelombang Ansatz dan metode Nikiforov-Uvarov. Kombinasi dari dua potensial disubstitusikan ke persamaan Schrodinger dimensi-4, kemudian dilakukan pemisahan variabel menjadi bagian radial dan anguler. Batasan dimensi yang dipilih adalah D = 4 sehingga persamaan bagian anguler dipisahkan kembali menjadi tiga bagian persamaan sudut. Penyelesaian persamaan Schrodinger dimensi-4 bagian radial menggunakan metode fungsi gelombang Ansatz dan penyelesaian persamaan Schrodinger dimensi-4bagian anguler dengan menggunakan metodeNikiforov-Uvarov, kemudian dilakukan konstruksi potensial sehingga diperoleh potensial baru. Potensial baru ini disebut sebagai potensial partner. Penyelesaian persamaan Schrodinger dimensi-4 untuk potensial partner menggunakan metode yang sama seperti potensial originalnya (potensial Inverse Polinomial plus potensial Scarf trigonometri). Penyelesaian persamaan Schrodinger dimensi-4 dengan menggunakan metode fungsi gelombang Ansatz dapat dilakukan dengan substitusi fungsi gelombang radial Ansatz. Penyelesaian persamaan Schrodinger dimensi-4 dengan menggunakan metodeNikiforov-Uvarov dapat dilakukan dengan mereduksi persamaan differensial orde dua menjadi persamaan Tipe-Hipergeometri dengan melakukan subtitusi variabel. Konstruksi potensial partner dilakukan dengan menggunakan metode Supersimetri. Nilai energi sistem dihitung secara analitik dan secara numerik. Nilai energi bergantung pada momentum anguler orbital l_3, di mana keduanya saling terkait dengan bilangan kuantum anguler. Peningkatan nr menyebabkan penurunan nilai energi dari partikel yang dipengaruhi olehpotensial Inverse Polinomial plus potensial Scarf trigonometridanpotensial partner. Terdapat perbedaan nilai energi dan fungsi gelombang dari partikel yang dipengaruhi oleh potensial originalInverse Polinomial plus potensial Scarf trigonometri dengan potensial partnernya. Potensial partner mempunyai nilai energi yang lebih besar dibandingkan dengan energi potensial originalnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 11:49
    Last Modified: 27 Feb 2018 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39595

    Actions (login required)

    View Item