Penerapan Argument-driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI SMA pada Pembelajaran Biologi

F, VIVY FATMAWATI (2018) Penerapan Argument-driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI SMA pada Pembelajaran Biologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (748Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vivy Fatmawati Fajrin. K4313071. PENERAPAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XI SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengubah kemampuan argumentasi ilmiah lisan dan tertulis pada siswa kelas XI SMA melalui penerapan model Argumen-driven Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tiandakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dari bulan April hingga Mei 2017. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, lembar observasi, dan wawancara. Data utama kemampuan argumentasi ilmiah diukur dengan indikator claim, evidence dan reasoning. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spriral Kurt Luwin. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Argument-deriven Inquiry meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI SMA. Argumentasi ilmiah lisan mengalami peningkatan tertinggi pada siswa dengan nomor urut 5 dan 16 dengan kenaikan 30, 55% dibandingkan Prasiklus. Sementara untuk peningkatan skor argumentasi ilmiah terendah pada siswa dengan nomor urut 27 dengan kenaikan sebesar 8,33% dari Prasiklus. Pada argumentasi tertulis, peningkatan skor tertinggi pada siswa dengan nomor urut 1 dengan peningkatan sebesar 33,33% dari Prasiklus. Sementara peningkatan skor argumentasi terendah pada siswa dengan nomor urut 23 dengan peningkatan hanya 5,55% dari Prasiklus. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran Argument-driven inquiry (ADI) dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Kata Kunci : Argumentasi ilmiah, Argumen-driven Inquiry, PTK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 11:46
    Last Modified: 27 Feb 2018 11:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39594

    Actions (login required)

    View Item