Pengembangan E-Book Humas Dan Keprotokolan Berbasis Pendekatan Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Kabupaten Lamongan

SUYANTO, UMAR YENI (2018) Pengembangan E-Book Humas Dan Keprotokolan Berbasis Pendekatan Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Kabupaten Lamongan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (424Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Umar Yeni Suyanto. S991602026. 2017. Pengembangan E-Book Humas Dan Keprotokolan Berbasis Pendekatan Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Kabupaten Lamongan. TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S,. Kopembimbing: Dr. Tri Murwaningsih, M.Si,. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Kependidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2017. Dalam era digitalisasi peran media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-book humas dan keprotokolan berbasis active learning yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMK kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penyusunan media yang dikembangkan memanfaatkan software Adobe flash CS6. Tahap pengembangan menggunakan model pengembangan dari Hannafin dan Peck yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Pada tahap uji coba, e-book humas dan keprotokolan berbasis active learning di uji coba melalui validitas oleh para ahli dan uji coba oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan media e-book humas dan keprotokolan berbasis active learning dengan menggunakan software IBM SPSS 22 dengan rumus uji t-test, Nilai thitung yang didapatkan dari post-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 3,36 dengan nilai ttabel sebesar 2,00. Sedangkan nilai post-test motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 10,63 dengan nilai ttabel sebesar 2,00 dengan demikian thitung > ttabel yang berarti peningkatan nilai motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan mean post-test sebesar 82,50 sedangkan hasil belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 75,75. Motivasi belajar kelas eksperimen menunjukkan mean post-test sebesar 103,71 sedangkan motivasi belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 86,75 Perbedaan mean post-test antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 6,75 dan 16,96 poin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book humas dan keprotokolan berbasis active learning layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi (0,001<0,05) untuk hasil belajar dan (0,000<0,05) untuk motivasi belajar , mengindikasikan bahwa terdapat perbedaaan motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Pengembangan, E-book, Humas dan keprotokolan, Active Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 11:38
    Last Modified: 27 Feb 2018 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39591

    Actions (login required)

    View Item