Peran Public Relations PT Dirgantara Indonesia Bandung dalam Meningkatkan Citra Positif di Mata Masyarakat

J, VERONICA RAPHEL A (2018) Peran Public Relations PT Dirgantara Indonesia Bandung dalam Meningkatkan Citra Positif di Mata Masyarakat. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (573Kb)

    Abstract

    Peran dalam Public Relations di suatu instasi pemerintah yaitu menjalankan program kerja Public Relations, pemerintah juga dapat menyampaikan informasinya atau menjelaskan mengenai kebijakan dan tindakan-tindakan tertentu serta aktivitas dalam melaksanakan tugas-tugas atau kewajiban kepemerintahan. Selain itu tugas Public Relations yaitu menerima mendapatkan opini dan kritikan dari masyarakat nantinya dapat membangun citra positif dalam instasi pemerintahan tugas Public Relations dapat mencari solusi masalah hubungan internal dan eksternal perusahaan. Sedangkan Peran Public Relations dalam Perusahaan swasta yaitu strategi peran Public Relations sebagai praktisi Public Relations harus mempunyai kemampuan berkomunikasi, teori tersebut mencerminkan peran Public Relations dalam perusahaan swasta. Sistem kinerja dalam swasta berani dalam berkompetisi dan mencapai target kesuksesan. Terutama kemampuan yang harus diperlukan adalah komunikasi yang disampaikan oleh komunikan agar dapat diterima dan mudah dipahami. Cara meningkatkan citra di Perusahaan PT. Dirgantara Indonesia yaitu : melalui media sosial yaitu salah satu strategi Public Relations di PT. Dirgantara Indonesia untuk memberi pengetahuan dan pemahaman keapda masyarakat tentang informasi-informasi menarik pada perusahaan tersebut. Melalui instagram official @offficalptdi. Media sosial PT. Dirgantara Indonesia di instagram pada bulan februari tanggal 18 mengupload tentang rensume pada berita “Bagaimana kabar CN 235-220M untuk Senegal?”. Pada tanggal 8 Maret 2017 memberikan ucapan “Hari Wanita Se-dunia, dan lain-lain. Strategi peran Public Relations di PT. Dirgantara Indonesia yaitu memberi pengetahuan kepada masyarakat, merangkul media serta awak media yang hrus dipegang oleh Perusahaan yang mengadakan kegiatan media gathering, media visit kepada beberapa media, pada tahun 2016 melakukan show yang diadakan dalam 1 bulan sekali. Tim Public Relations di Perusahaan mengadakan kegiatan gathering dengan beberapa media setiap 1 tahun 3 kali pertemuan. Definisi Meningkatkan Citra Positif menurut Kotler (2002:338), citra adalah “persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. (Sumber: xerma.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-citra-dan–citra-perusahaan.html/m=1) Berkaitan dengan judul Tugas Akhir tentang Peran Public Relations di PT. Dirgantara Indonesia Bandung dalam Meningkatkan Citra Positif di Mata Masyarakat yaitu peran Public Relations di PT. Dirgantara Indonesia kinerjanya sudah berjalan dengan optimal. Realitanya salah satu contohnya peran Public Relations dalam menghadapi berita negatif yaitu membuka kesadaran masyarakat bahwa PT. Dirgantara Indonesia masih beroperasional. PT. Dirgantara Indonesia juga sudah menjalankan strategi cara meningkatkan citra positif. Beberapa strategi dalam meningkatkan citra Perusahaan yaitu : 1. Memberi pengetahuan bahwa cat itu ada standarnya seperti halnya melalui media sosial memposting tentang proses pengecatan pada pesawat. 2. Melalui media relations seperti menyebarkan press release 3. Mengeluarkan produk pesawat baru yaitu pesawat N219 4. Berhubungan baik dengan beberapa media, salah satunya tim Public Relations memiliki Group WhatsApp dengan berbagai wartawan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 10:51
    Last Modified: 27 Feb 2018 10:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39572

    Actions (login required)

    View Item