Pengaruh Penggunaan Saluran Komunikasi, Kualitas Komunikasi dan Pemeliharaan Hubungan Terhadap Kepuasan Relasional (Studi pada Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang tinggal terpisah secara geografis dengan pasangan)

TRIHASTUTI, RISA (2018) Pengaruh Penggunaan Saluran Komunikasi, Kualitas Komunikasi dan Pemeliharaan Hubungan Terhadap Kepuasan Relasional (Studi pada Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang tinggal terpisah secara geografis dengan pasangan). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (217Kb)

    Abstract

    Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berkedudukan di ibukota Negara dan memiliki perwakilan di setiap Provinsi diseluruh Indonesia. Penempatan serta pemindahtugasan pegawai di BPK terkadang mendatangkan konsekuensi bagi pegawai untuk tinggal terpisah secara geografis dengan suami atau istrinya. Kondisi tersebut meyebabkan waktu komunikasi tatap muka dan interaksi dengan pasangan terbatas pada akhir pekan saja atau bahkan jangka waktu yang lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang diduga berpengaruh terhadap kepuasan relasional berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan. Faktor-faktor tersebut yaitu penggunaan saluran komunikasi, kualitas komunikasi dan pemeliharaan hubungan. Penelitian dilakukan di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 69 orang, dengan kriteria yaitu pegawai yang telah berkeluarga dan tinggal terpisah secara geografis dengan suami atau istrinya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan krostabulasi dan uji Chi Square, analisis regresi bivariat, serta analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat asosiasi antara penggunaan saluran komunikasi dengan kepuasan relasional dengan taraf signifikansi 0,431 > 0,05 sehingga H1 ditolak pada α = 0,05. Hal ini dikarenakan pemilihan saluran komunikasi yang digunakan merupakan kesepakatan bersama pasangan dengan memilih saluran komunikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Terdapat pengaruh kualitas komunikasi terhadap kepuasan relasional 0,322 dengan kategori lemah. Serta terdapat pengaruh antara pemeliharaan hubungan terhadap kepuasan relasional sebesar 0,523 atau termasuk kategori sedang. Secara simultan, pengaruh kualitas komunikasi dan pemeliharaan hubungan terhadap kepuasan relasional 0,557 atau termasuk kategori sedang. Kata kunci: Saluran Komunikasi, Kualitas Komunikasi, Pemeliharaan Hubungan, Kepuasan Relasional.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 10:44
    Last Modified: 27 Feb 2018 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39569

    Actions (login required)

    View Item