PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEMBERDAYAKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP/MTs KELAS VII

FAIZZAH, NURUL (2018) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEMBERDAYAKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP/MTs KELAS VII. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (631Kb)

    Abstract

    Nurul Faizzah. 2017. Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Hidup Untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP/MTs Kelas VII”. Tesis. Pembimbing I: Dr. Hj. Sri Dwiastuti, M. Si, Pembimbing II: Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Sains, Program Magister, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kelayakan, dan keefektifan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi pengelolaan lingkungan hidup untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMP N 12 Depok. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan modul menggunakan prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 tahapan yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi. 2) Perencanaan. 3) Pengembangan rancangan awal produk (draft). 4) Uji coba lapangan permulaan. 5) Revisi produk tahap pertama. 6) Uji lapangan terbatas. 7) Revisi produk tahap kedua. 8) Uji lapangan operasional. 9) Revisi produk akhir. Data analisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan one sample sign-test dan Friedman test melalui SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memiliki karakteristik yaitu memuat langkah pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang diintegrasikan dengan indikator sikap peduli lingkungan pada setiap tahapnya; (2) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing termasuk kategori layak karena telah melalui uji kelayakan dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan nilai 3,49 kategori sangat baik, praktisi pendidikan dan teman sejawat dengan nilai 3,23 kategori baik, serta melalui tahap uji coba produk dan revisi; (3) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif memberdayakan sikap peduli lingkungan karena telah melalui uji efektifitas dengan nilai uji kompetensi kelas perlakuan berturut-turut mendapat rerata sebesar 86,28 pada KB I, 84,28 pada KB II, dan 79,71 pada KB III dengan kriteria baik. Nilai sikap peduli lingkungan kelas perlakuan secara berturut-turut rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori sangat baik, 3,47 pada KB II, dan 3,49 pada KB III dengan kategori baik. Hasil Sign-test dengan signifikansi ˂0,05 menyatakan siswa mempunyai rerata nilai uji kompetensi lebih tinggi dari nilai KKM sekolah. Hasil Friedman-test dengan signifikansi >0,05 menyatakan bahwa siswa mempunyai perlakuan dan pehamaman terhadap sikap peduli lingkungan yang sama. Berdasarkan hasil, disimpulkan bahwa modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memiliki karakteristik; termasuk dalam kategori layak; dan efektif memberdayakan sikap peduli lingkungan. Kata Kunci: modul IPA, inkuiri terbimbing, sikap peduli lingkungan, pengelolaan lingkungan hidup, one-shot case.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 10:31
    Last Modified: 27 Feb 2018 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39565

    Actions (login required)

    View Item