PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN ECOLOGICAL LITERACY PADA MAHASISWA GREEN CAMPUS UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

RIYAD, IDHUN PRASETYO (2018) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN ECOLOGICAL LITERACY PADA MAHASISWA GREEN CAMPUS UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (828Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk memberdayakan literasi ekologi mahasiswa Green Campus di UNS; 2) mengetahui kelayakan Subject Spesific Pedagogy (SSP) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk memberdayakan literasi ekologi mahasiswa; 3) mengetahui keefektifan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk memberdayakan literasi ekologi mahasiswa. Penelitian pengembangan SSP ini menggunakan prosedur 4D menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) penyebaran (dissemination). Penerapan SSP dilakukan dengan desain penelitian secara posttest-only control design dengan menggunakan dua kelompok yaitu mahasiswa semester 6 sebagai kelas eksperimen yang sedang menerima mata kuliah ekologi dan mahasiswa semester 7 sebagai kelas kontrol yang sudah menerima mata kuliah ekologi. Pemilihan subjek penelitian penggunaan SSP dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Pengambilan sampel berdasarkan semester pengambilan mata kuliah ekologi oleh mahasiswa. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan SSP berdasarkan kuisioner dan lembar validasi, analisis kemampuan literasi ekologi melalui uji t menggunakan statistik independent t-test untuk mengetahui perbedaan literasi ekologi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik SSP dengan materi ekologi konservasi berhasil dikembangkan yang terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), modul, lembar kerja dan lembar evaluasi dengan mengacu pembelajaran aktif dengan sintaks pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi ekologi mahasiswa. 2) SSP yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik ditinjau dari kelayakan kualitas isi/materi, kesesuaian sintaks PBL dalam memberdayakan literasi ekologi mahasiswa, kualitas metode penyajian, penggunaan ilustrasi, penyajian pembelajaran, dan tampilan umum. 3) SSP berbasis PBL dengan materi ekologi konservasi efektif meningkatkan literasi ekologi mahasiswa berdasarkan hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (<0,05) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat perbedaan literasi ekologi di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata kunci: subject spesific pedagogy, problem-based learning, literasi ekologi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Feb 2018 10:13
    Last Modified: 27 Feb 2018 10:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39558

    Actions (login required)

    View Item